Demonstrasi dan melibatkan wanita

>> Tuesday, June 07, 2005

Ustazd Abu Ihsan ditanya dalam sebuah kajiannya:

1. Bagaimana dengan aksi demo yang melibatkan akhwat? walaupun dalam mendemo kebathilan?

Jawaban: Kemungkaran tidak dirubah dengan kemungkaran atau menimbulkan kemungkaran yang lebih besar lagi. Belum ada jaminan bahwa dengan demo itu kebathilan akan berhenti. Tapi jelaslah (dijamin) bahwa mereka melanggar tuntunan agama, diantaranya jelas bahwa demonstrasi itu tidak ada tuntunan dalam syari'at.

2. Kenapa demonstrasi dan wanita yang melakukan demonstrasi itu bid'ah?

Jawaban: Tidak ada demonstrasi dalam islam. Coba yang melakukan demonstrasi, datangkan dalil yang shohih bahwasannya Rasulullah mengajari para shahabat atau wanita2 berdemonstrasi seperti yang dilakukan oleh orang2 sekarang ini.

Jadi kalau ditanya secara jujur, dari mana mereka meniru cara2 seperti itu? Dari orang2 kafir yang mereka tonton lewat layar kaca atau televisi.

Dan para ulama telah menjelaskan hukum demonstrasi, hukumnya bid'ah dan dilarang. Apalagi yang berdemonstrasi itu para wanita. Islam menjaga kehormatan para wanita, bukan malah merendahkan martabat mereka dgn mengeluarkan mereka ke jalan2, dipelototi oleh jutaan pasang mata laki2 jalang. Bahkan wa iyyadzubillah, berdesak2an dengan laki2 yang bukan mahram. Dimana kehormatan mereka selaku wanita?

Wallahu'alam

0 comments:

Post a Comment

  © Blogger template by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP