Gimana memilih baju syari

>> Saturday, April 30, 2016

Kaidahnya intinya adalah: Sebelum memilih baju, tanya pada diri sendiri bun, pake baju supaya apa? supaya kelihatan cantik apa supaya Alloh Ridlo?

Ahhh, jleeeb! 

Langsung deh liat lemari, eeeaaa masih banyak baju bermotif atau yang warna warni... pas beli sih karena motifnya lucu, kekinian (halah), bahannya bagus and the bla and the ble... 

Eh tapi kalau jilbabnya gelap, panjang dan bisa menutupi sebagian besar motifnya ngga papa kan ya? Kan sayang gitu, sudah dibeli masak tidak dipakai? (masih mencari pembenaran =P) 

Wanita memang lemah dan mudah sekali ditunggangi syaiton... astaghfirulloh
Tapi memang proses hijrah setiap orang berbeda-beda ya, semoga Allah mudahkan proses hijrah kita, dan semoga kita bisa istiqomah setelah berhijrah, aamiin

#this is a self reminder

Dicopy dari group Line Qur'an & Sunnah, ini sebetulnya adalah jawaban Ust Badrussalam waktu sesi tanya jawab di sebuah dauroh. Ditulis disini point-pointnya saja supaya ringkas dan mudah diingat:

  • Jubah berbahan jersey, spandek dan sejenisnya termasuk yang terlarang karena sekalipun dada tertutup jilbab dan dibuat longgar jika tertiup angin tetap saja akan menjiplak tubuh. Bahkan sekalipun tidak tertiup angin, saat berjalan maka pakaiannya akan mengikuti liukan tubuh. Maka tidak boleh wanita memakainya di luar rumah.
  • Jubah dan jilbab yang dengan sengaja dibuat hiasan bordir atau yang masih terlihat oleh mata, dilarang keras untuk dipakai di luar rumah karena sama halnya dengan hukum berhias. Karena tujuannya adalah agar terlihat indah dan wanita diharamkan berhias di depan laki-laki yang bukan mahromnya. Sedangkan pakaian syar'i adalah perintah Allah yang fungsinya untuk menutup aurat bukan mempercantik diri. Perhiasan seharusnya disembunyikan dibalik hijab selayaknya kalung, gelang dan anting-anting.
  • Bagaimana dengan pakaian bermotif semisal bunga, batik, dan lain-lain? Janganlah bermudah-mudahan, sekalipun tidak jelas pelarangannya namun sudah membuka pintu untuk bermudah-mudah dalam berhias. Karena baju yang bermotif otomatis sifatnya mempercantik karena motifnya tersebut.
  • Ustadz Badrusalam hafidzahullah sampai menyebut Laa haula wa laa quwwata illa billah, akhwat yang masih menggunakan pakaian-pakaian seperti ini berarti di dalam hatinya masih terdapat syahwat ingin terlihat lebih cantik dihadapan manusia.
والله أعلم بالصواب

0 comments:

Post a Comment

  © Blogger template by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP