Kelekatan vs Kedekatan (Bagian 2)

>> Monday, January 28, 2019

⭐Kelekatan dapat dilakukan melalui 3 proses:

1. Dorongan siklus relaksasi (kepercayaan, keamanan, kelekatan)

Siklus berikut ini akan muncul terus menerus dalam kehidupan manusia : adanya kebutuhan (misal haus) lalu memunculkan perasaan tidak nyaman sehingga diperlukan pemenuhan kebutuhan (minum) untuk memenuhi kepuasan (minum cukup sampai puas). Sehingga muncul ketenangan/relaksasi.

Orang tua harus dapat menjadi sosok yang memenuhi kebutuhan anak tersebut. Menjadi sosok yang kredibel dan dapat dipercaya oleh anak sehingga dia merasa aman dengan orang tuanya. Maka secara otomatis akan muncul kelekatan antara anak dengan orang tua.

2. Siklus interaksi positif

Orang tua memberikan reaksi positif lalu anak merespon dengan positif pula. Respon positif anak kemudian akan memunculkan lagi reaksi positif orang tuanya; dan begitu seterusnya. Interaksinya selalu positif sehingga memunculkan harga diri, kepercayaan diri serta kecerdasan spiritual pada anak yang berkembang secara optimal.

Hanya orang tua yang bahagia dan positif yang bisa memberikan interaksi-interaksi positif bersama anak.

3. Perilaku mengklaim

Contohnya saat kita memberikan nama atau panggilan, misal : kakak atau adek. Juga saat anak tahu jika saat dia membutuhkan sesuatu (misal saat jatuh), orang tua segera bertindak (misal : langsung memberikan obat, dll). Termasuk pula saat orang tua memilihkan sekolah yang baik untuk anak, ini adalah contoh perilaku mengklaim.


0 comments:

Post a Comment

  © Blogger template by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP