Kelekatan vs Kedekatan (Bagian 1)

>> Saturday, January 26, 2019

Rangkuman kulwap parenting oleh Anggia Darmawan

⭐Kelekatan adalah hubungan emosional dan fisik yang sangat dekat antara anak dengan orang tua.

⭐Kelekatan berbanding lurus dengan bagaimana anak memahami tentang dirinya dan hubungannya dengan dunia/lingkungan luar. Jika kelekatannya positif maka anak akan melihat dirinya secara positif dan melihat dunia/lingkungannya juga dengan positif.

⭐Diawal kehidupan, kelekatan anak dan orang tua harus positif agar seiring dengan berjalannya waktu, kelekatan tersebut dapat perlahan-lahan bergeser kepada kelekatan terhadap support sistem yang lain (misal : suami dari anak nantinya).

Anak-anak yang kelekatan kepada orang tuanya positif pada akhirnya nanti akan dapat menjadi mandiri. Kelekatan tersebut nantinya akan dapat dengan baik berpindah kepada support sistem yang lain.


Sedangkan anak-anak yang kelekatan kepada orang tuanya tidak positif, kemungkinan besar ia akan tetap bergantung kepada orang tuanya atau bahkan bisa jadi nantinya ia akan tidak punya support sistem sama sekali, hidupnya hanya bergantung kepada dirinya sendiri.

 ⭐Agar kelekatan antara anak dan orang tua dapat terbentuk dengan baik diawal kehidupan anak, ada 2 prinsip yang harus terpenuhi, yaitu:
  1. Orang tua mudah dijangkau (orang tua harus selalu ada secara fisik maupun emosional saat anak membutuhkan). Quality time jauh lebih penting daripada quantity time.
  2. Orang tua cepat tanggap (orang tua dapat memenuhi kebutuhan anak dengan sensitif, akurat dan langsung).

0 comments:

Post a Comment

  © Blogger template by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP